a loooooong trip to ujung genteng

Standard

Berawal dari ide gila pengen liburan ke pantay di sela-sela jadwal yang ekstra padaaaaaat, akhirnya terpilihlah pantai ujung genteng di Sukabumi, awalnya sih kita pilih pantai ini soalnya masi di daerah Jawa Barat, jadi ga jauh-jauh banget deeh hihi dan ternyata jauhnya ituuuu, sesuatu sekaliiiiii -_-
perjalanan kalo dihitung-hitung dari Cirebon sekitar 10 jam, jadi kalo mau start dari Kuningan sekitar 11 jam, hmm lebih lama daripada ke Jogjakarta.

Berangkat pada hari jumat tanggal 14 Desember 2012, berangkat sekitar jam setengah delapan malam dari Cirebon. Sekitar setengah 12-an kita nyampe di Bandung, istirahat dulu di sana.

15 Desember 2012
Paginya setelah sarapan, kita melanjutkan perjalanan yang masih sangat panjang.
rute yang kita lewati itu :
Bandung – Cianjur – Sukabumi – Lengkong – Kiaradua – Jampang Kulon – Surade – Ujung genteng (berdasarkan sumber dari internet, Bandung menuju ujung genteng itu 6 jam, Bandung-Sukabumi 3 jam, Sukabumi-Ujung genteng 3 jam) *kebayang kan gimana jauhnyaaaa*

Peta Menuju Ujung Genteng

Peta Menuju Ujung Genteng

Jam sembilan kami berangkat, sekitar jam setengah sebelas kami sampai di Cianjur. Dan mendarat dengan aman di Sukabumi sekitar jam 12 atau pas dzuhur, kita shalat dzuhur di Sukabumi, dan berhubung ada temen (temennya dia sebenernya :P) yang lagi ngadain pameran di Sukabumi Expo jadilah mampir dulu ke Sukabumi Expo itu.

Sekitar jam satu kami melanjutkan perjalanan, tapi baru saja lima belas menit kita berjalan, motor (saya lupa menginformasikan, kita ke sana pake motor, kebayang kan gimana pegelnyaa) tiba-tiba berhenti di rumah makan yang jualan tongseng😛

Sekitar jam setengah dua kita meneruskan perjalanan, menaiki bukit, turun bukit, dan tiba-tiba di balik bukit, ada pelangiiii, bagus bangeeeet, kayanya sih sebelun kita lewat sini hujaaan. Perjalanan terus berlanjut, di kanan kiri jalan banyak pertambangan kapur (kayanya) hehe setelah bukit-bukit terlewati, giliran hamparan kebun teh luas bangeeeeeeeet~ kalo enggak salah itu di daerah lengkong apa di manaaaa lupaaaa hihi

Setelah kebun teh perjalanan pun masih panjang. Oh iya jalan menuju ujung genteng hampir sama kaya jalan menuju pantai Ranca Buaya (Garut) via Bungbulang. Sekitar jam empat kita akhirnya nyampe di Surade, disini kita Shalat Ashar. Perjalanan ke ujung genteng masih dua jam lagiiiiii, perjalanan masih panjaaaaaang~

Setelah bosen naikin bukit turun bukit akhirnya mulailah muncul banyak pohon kelapa yang artinya kita udah deket pantay, kita udah seneng bukan main dan mulai celingak-celinguk nyari pantay tapi ternyata pantaynya masih jauuuuh. Dan akhirnya sekitar setengah jam, baru deh nyampe pantay ujung genteng yang pas banget lagi sunset tapi ketutup awan, tapi tetep keceeeee~

Pasir pantainya putiiiiih, airnya bersih jernih, biruuuuu (engga cokelat :P), sayangnya pantai di situ agak kotor, kotornya sih gara-gara sampah dari laut (kaya kerang, daun, dll), tapi tetep pantaynya kereeen, kayanya pas liat pantai itu, langsung capenya ilang semuaaa, capenya kebayar sama pantainyaaa🙂
berhubung kita belum dapet penginapan, padahal hari udah gelap, akhirnya kita menyusuri jalan pantai, dan karena engga tau apa-apa jadi pas nemu penginapan langsung deh ngambil yang ituu, penginapan yang kita temuin pertama itu namanya Pondok Adi, kebetulan inget pas searching dapet referensi tentang Pondok Adi ini, langsung aja kita ambil penginapan yang di pondok Adi ini.

Kita dapet pondok, isinya ada kamar, kamar mandi dan dapur. Pokonya malam itu kita tidur nyenyak banget (cape soalnya).

16 Desember 2012
Besok paginya, kita niat keluar untuk jalan-jalan sekitar jam tujuh, tapi sayangnya garagara hujan jadilah kita tetap berdiam diri di pondok menunggu hujan reda. Akhirnya sekitar jam sembilan hujan agak reda (sedikit gerimis), kita pun melanjutkan perjalanan menuju tempat penangkaran penyu, melewati jalan di pesisir pantai dari Pondok Adi ke penangkaran penyu sekitar 7km. Jalan menuju penangkaran penyu tidak cukup bagus, kaya lagi off road, apalagi jalan menjadi licin dan banyak genangan air soalnya habis hujan.

Sekitar lima belas menit akhirnya kita sampai juga di UPTD Konservasi Penyu Pangumbahan, dan sayangnya waktu itu hari Minggu, tempat konservasi ini kosong. Dan sialnya lagi, kata orang yang kebetulan ada di situ kalau kita ingin melihat penyu itu harus malam, harusnya kemarin pas kita nyampe kita langsung ke tempat konservasi penyu ini, biar bisa liat penyunyaaa😐

Tapi untunglah kekecewaan tersebut sedikit terbayar setelah kita masuk ke pantai di kantor konservasi itu, pantainya sepiiiii tapi baguuuuus. Sepi di sini mungkin supaya nanti penyu yg mau datang engga merasa terganggu.

Setelah puas bermain air laut dan foto-foto kita pun melanjutkan perjalanan ke Villa Amanda Ratu, katanya di sana ada pantai yang mirip dengan Tanah Lot, Bali.

Dari penangkaran penyu, ke villa itu sekitar 30 menit, dan ternyata bener mirip, cuma sayangnya kita ga bisa turun ke lautnyaaa, kita cuma bisa liat dari atas.

Pokonya setelah puas liatin laut, tadinya sih niat ke Curug Cikaso cuman ya berhubung waktu sudah menunjukan jam setengah dua belas, jadi kita langsung melanjutkan perjalanan pulang.

Sampe di sukabumi sekitar jam tiga siang, di Cianjur jam setengah enam, di Bandung jam setengah delapan. Perjalanan pulang kita ditemani hujan yang engga berhenti-berhenti mulai dari Sukabumi. Sekitar jam setengah dua belas sampai di Cirebon, dan jam setengah dua alhamdulillah sampai di Kuningan dengan basah kuyup dan kedinginan.

Akhirnyaaaa, perjalanan ini berakhiiiir.
Pengalaman yang gila banget, naek motor selama ±11 jam, dan untungnya rider yang bawa motornya keren sekaliiii, meskipun udah kedinginan dan ngantuk paraaaah, akhirnya nyampe juga dengan selamat 
domo arigatou gozaimasu a adii (˘⌣˘)ε˘`)

*btw CMIIW yaa😉

2 thoughts on “a loooooong trip to ujung genteng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s